Home

Karena saya dan suami merantau di Jakarta, dan kita berdua sama-sama bekerja, dan di rumah cuma kami berdua + littlehaidar, maka pilihan merawat anak selama kami bekerja jatuh pada Daycare. 

Kenapa?

  • Pada dasarnya saya tidak mudah percaya dan parno. Saya tidak percaya jika anak saya hanya berdua di rumah beserta pengasuh. Meskipun ada CCTV atau pengasuhnya orang dekat, banyak banget sumber konflik jika ada orang yang tinggal bersama kita… dan saya tidak ingin menghadapinya. Sounds like a coward. Tapi daripada kelak jadi lebih banyak energi negatif dalam diri kita, nggak bagus juga ya kan? Belum nggak bebas, harus pake baju proper di rumah, nggak bisa seenaknya manja-manjaan sama suami… ya nggak?
  • Dengan memilih daycare yang dekat kantor, waktu meninggalkan anak bisa ditekan seminimal mungkin. Kita tetap menjadi orang yang pertama kali dia lihat ketika bangun tidur dan yang terakhir kali kita lihat sebelum tidur. Alhamdulillah, sejak lahir, tak seharipun saya tidur terpisah dengan littlehaidar 🙂 Di perjalanan dari dan ke rumah juga bisa jadi bonding time dan waktu mengajarkan littlehaidar tentang sekitar. 
  • Di daycare, pengawasan lebih ketat. Dalam kasus daycare littlehaidar, ada owner yang sekaligus bertindak sebagai pengajar, ada supervisor, dan ada akses CCTV juga. Jikalau terjadi apa-apa (na’udzubillah…) banyak saksinya.
  • Pengasuh 100% waktunya mengasuh anak, jikalau dia ada kebutuhan pribadi sebentar (mis: makan, ke toilet, sholat) ada supervisor/pengasuh lain yang bisa dititipi mengawasi. Jadi hampir 100% anak kita terawasi.
  • Nutrisi terjamin, ada makanan bergizi yang menunya bervariasi yang dimasak fresh tiap harinya.
Beberapa extra benefit lain (dalam kasus ini, daycare-nya littlehaidar):
  • Ada development program untuk anak-anak. Jadi, tidak perlu ikut pre-school lagi, littlehaidar sudah mendapatkan semuanya di daycare. Perkembangan littlehaidar juga bagus, terutama kemampuan verbal dan sosial kebantu banget!
  • Dan ada kegiatan extra mengaji juga. Saya sih nggak ada ekspektasi apa-apa, yang penting sedini mungkin dia mengenal Islam, meskipun sambil main mobil-mobilan jangan salah lho, anak-anak itu sangat pandai menangkap apa yang terjadi di sekitarnya.
  • Ada kunjungan dokter anak dan dokter gigi setiap 3 bulan…
  • … dan ada fieldtrip!
  • Report kegiatan harian dan report perkembangan anak setiap 6 bulan sekali
Tips memilih daycare:
  • Lokasi dekat dengan kantor, agar jika ada emergency tidak sulit dan waktu meninggalkan anak menjadi minimal.
  • Keramahan pengasuh, supervisor, dan owner. Ini yang paling penting nihhhh. Daycare yang staf-nya cemberut terus? Ada… Yang pengasuhnya sok tau dan keras kepala? Ada… Prinsipnya, kita harus nyaman dengan seluruh jajaran daycare, mereka mau mendengarkan masukan kita, sehingga kita pun nyaman mendengar masukan dari mereka.
  • Lebih baik jika daycare rumahan, bukan di gedung, agar sirkulasi udara lebih bagus dan nggak mudah tertular penyakit
  • Kebersihan lingkungan daycare
  • Tanyakan apakah ada development program untuk menstimulasi pertumbuhan anak kita.
  • Fasilitas penting, tapi tidak begitu penting. Percuma daycare yang penuh mainan tetapi poin no.2 tidak terpenuhi.
Bagaimanapun, orang tua tetap merupakan pendidik utama anak. Tetap ada hal-hal yang mungkin tidak didapat di daycare. Di sinilah tantangan kami, untuk memberikan pengaruh lebih kuat dari daycare, terutama dalam perannya sebagai teladan dan menanamkan nilai-nilai, selain juga berkoordinasi dengan daycare tentang pengasuhan anak. Waktu bersama anak menjadi sangat berharga dan kami benar-benar berusaha untuk memanfaatkannya dengan baik 🙂
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s