Home

Well, akhir-akhir ini di media (mainstream) lagi heboh tentang jilbab Zoya yang mendapatkan sertifikat halal MUI.

Saya hanya bisa heran, kenapa rasanya semua dibesar-besarkan.

Pertama, perlu diingat bahwa, untuk mendapatkan sertifikat halal MUI, pemilik usaha mengajukan permohonan ke MUI. Bukan MUI yang keliling sana sini lho.

Kedua, jilbab Zoya bukan yang pertama dari produk fashion yang mendapatkan sertifikat halal MUI. Contohnya kaos kaki Soka Indonesia sudah mendapatkan sertifikat halal MUI sejak cukup lama. Apakah media membahas dan sok peduli? Tidak.

Ketiga, bukan berarti jilbab yang lainnya tidak halal, lho. Tapi MUI tidak menjamin kehalalannya. Jadi judgement halal atau tidaknya dikembalikan kepada diri masing-masing. Kalau bermain analogi, toh sama saja dengan restoran. Restoran besar seperti KFC, McD, Pizza Hut, dkk, mereka mengajukan dan mendapatkan sertifikat halal MUI. Mereka punya alasan bisnis mengapa mereka mengajukan sertifikat itu, salah satunya karena mereka adalah franchise dari restoran di luar negeri. Untuk mendapatkan kepercayaan masyarakat Muslim Indonesia (yang notabene adalah mayoritas) mereka mengajukan sertifikat halal itu. Coba bandingkan dengan kantin pinggir jalan atau penjual bubur ayam. Apakah mereka mengajukan sertifikat halal MUI? Tidak. Apakah itu berarti makanan mereka tidak halal? Belum tentu. Selama dalam masakannya tidak menggunakan alkohol dan menyembelih binatang dengan nama Allah, tentu saja masih halal. Kembali kepada judgement masing-masing.

Jadi… it’s not a big problem, really.

Jujur saya gemas sekali rasanya dengan opini yang beredar. Kita nggak bisa lho membuat opini hanya berdasarkan apa yang didapatkan dari media (mainstream) dan pendapat pribadi, dibumbui dengan emosi atau sentimen negatif. Ada basis pengetahuan yang diperlukan untuk membangun opini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s