Home

Alhamdulillah dua hari yang lalu (15/3) di kantor ada taklim gabungan yang diisi oleh Ust. Bendri Jaisyurrahman. Tergelitik untuk sharing karena menurut saya materinya bagus sekali. Temanya sebenarnya adalah “Mendidik Anak Tangguh di Dunia Cyber”

Beliau menekankan bahwa salah satu kunci mendidik anak yang tangguh adalah peranan AYAH dalam mendidik anak. Terlebih anak-anak generasi Z yang tumbuh di era cyber, di mana segala sesuatu serba instan. Tanpa didikan yang kuat dan peranan ayah di dalamnya, mereka akan menjadi tidak tangguh dalam proses, mudah berputus asa, konsumtif, techno junkies, mudah terpengaruh, mudah ikut-ikutan.

Indonesia adalah fatherless country, bagaimana tidak, pendidik anak (terutama usia dini) sebagian besar adalah kaum ibu. Dalam masa-masa emas pertumbuhannya, anak lebih banyak bergaul dengan kaum wanita, mulai dari ibu, asisten rumah tangga (mungkin), guru playgroup, guru TK, sebagian besar adalah kaum wanita – dengan segala kelembutannya. Ayah seakan hanya bekerja mencari uang saja.

Beliau menjelaskan kisah Nabi Yusuf dan Nabi Yaqub tentang contoh hubungan anak-ayah yang baik. Ketika Nabi Yusuf menceritakan hal-hal privat (mimpinya) kepada sang ayah, ketika Nabi Yusuf teringat nasihat ayahnya saat digoda oleh Zulaikha.

Beliau mencontohkan bahwa perilaku menyimpang seseorang berkorelasi dengan ketidakdekatan dengan sosok ayah.

Beberapa contoh yang beliau sebutkan:

  • Dari sesi konseling rumah tangga yang beliau jalankan, sebagian besar wanita yang menuntut cerai suaminya adalah mereka yang tidak dekat dengan sosok ayah, sehingga menganggap semua lelaki itu sama saja
  • Saat mengisi kajian untuk komunitas LGBT, beliau bertanya kenapa mereka seperti itu dan 100% menjawab karena mereka tidak dekat dengan sosok ayah, tidak ada sosok tangguh yg bisa mereka jadikan role model
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s