Home

Pernah nggak sih kita berpikir bahwa larangan-larangan Allah itu demi kebaikan kita dan masyarakat sekitar kita? Allah Maha Tahu, dia mengetahui semua yang terjadi di dunia ini, dia mengetahui isi hati setiap manusia… tapi kita kadang menolak larangan-larangan Allah tersebut dengan berbagai macam alasan, misalnya tidak sesuai dengan ilmu pengetahuan, tidak sesuai dengan perkembangan zaman, tidak masuk akal, dan berbagai macam alasan lainnya. Lupa pada poin yang paling penting bahwa Allah Maha Tahu.

Tergelitik untuk menulis ini saat melihat berita-berita kriminal di sekitar. Begitu banyak tindakan kriminal yang terjadi dan pelakunya dalam keadaan mabuk, setelah minum minuman keras. Termasuk ada salah satu stasiun TV yang membahas berita ini dan menjadi diskusi kecil di rumah kami.

Mari kita lihat QS Al Maidah ayat 90:

Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya (meminum) khamar, berjudi, (berkorban untuk) berhala, mengundi nasib dengan panah, adalah termasuk perbuatan syaitan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan.

Sudah jelas dalam Al-Quran disebutkan bahwa meminum khamar (minuman keras) itu adalah perbuatan syaitan dan harus dijauhi. Syaitan pastinya akan menjerumuskan manusia melakukan dosa. Ini tentunya karena meminum khamar itu merugikan baik untuk diri sendiri maupun masyarakat sekitar.

Alcohol is the mother of all evils and it is the most shameful evil (HR Ibnu Majah)

Untuk diri sendiri, jelas minuman khamar itu tidak menyehatkan.

Untuk masyarakat, banyak mudhorot-nya, mulai dari hal-hal “kecil” seperti keselamatan mengemudi sampai tindakan-tindakan kriminal yang pada akhirnya merugikan orang lain dan masyarakat. Silakan googling tindakan kriminal yang pelakunya habis mabuk, dijamin banyaaaakkkk.

Tapi sekarang di Indonesia ini, pemerintah membatasi atau melarang minuman keras aja susahnyaaaa… banyak aktivis yang menentang, dan yang menyedihkan umat Islam sendiri menentang.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s