Home

Di kehidupan saya yang seperempat abad, pernikahan yang menginjak usia 3 tahun, membesarkan anak yang berusia 2 tahun, saya (sebagai manusia biasa) tentu mengalami banyak masalah, menghadapi banyak ujian.

Berbagai teori yang ditulis oleh pakar saya baca, diskusi dengan teman saya dengarkan, saya praktekkan, saya renungkan, hingga sampai pada satu kesimpulan…

… solusi dan guideline dalam menghadapi permasalahan yang paling sempurna hanyalah Al-Qur’an dan Hadits. Semua kembali pada tujuan kita diciptakan: untuk beribadah. Semua hal jika diniatkan ibadah, Insya Allah, akan terasa layak untuk diperjuangkan. Abu Bakar RA berkata: sabar itu sulit, tapi melewatkan pahala besar yang datang karena kita sabar itu sungguh rugi. Lelahnya bekerja, lelahnya mengurus anak, lelahnya beberes rumah, jika diniatkan ibadah dan mengharap ridho Allah semata tentu akan menjadi menyenangkan.

Begitu pun permasalahan. Dalam kehidupan rumah tangga, pasti ada aja permasalahan kok, mulai dari yang kecil seperti perbedaan pendapat, miskomunikasi, sampai yang besaaaaar, semua sudah ada guideline-nya.

Masalah besar biasanya terjadi karena kita lupa tujuan pernikahan dan kita lupa apa peran kita. Peran istri, peran suami, peran ibu, peran ayah, semua sudah diatur kok. Dan jika menjalani peran dengan benar, Insya Allah menjadi ladang pahala. Terkadang kita saja yang ego-nya tinggi, lupa kepada tujuan hidup kita yang sebenarnya.

Umar RA berkata: jika pasanganmu marah, jangan jadi api, jadilah air. Ini ampuh sekali dalam menghadapi pertengkaran-pertengkaran kecil, walaupun kebanyakan suami saya yang jadi air sih (hehehehe).

Jadi kemana-mana ya. Sebenernya post ini buat reminder untuk diri sendiri dalam menghadapi ujian-ujian yang akan muncul ke depannya 🙂

Kadang kita (termasuk saya) bikin hidup kita jadi ribet sendiri, sibuk cari solusi kemana-mana, sampai curhat kesana kemari (padahal aib yang sudah ditutupi Allah nggak boleh kita buka ya, apalagi aib keluarga)… padahal jeng jeng jeng solusinya dekat, sungguh dekat. Bentangkan sajadah, sholat, berdoa, buka Al-Qur’an, buka hadits, muhasabah diri, mohon ampun, minta dikuatkan, minta dimudahkan kepada yang Maha Kuasa. Tidak ada daya dan kekuatan selain Allah.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s