Home

Dalam menuntut ilmu tentu kita harus memilih yang terbaik. Seperti layaknya kita pilihkan sekolah terbaik untuk anak-anak kita. Kita gunakan textbook yang terbaik di bangku kuliah. Apalagi dalam menuntut ilmu agama. Ilmu yang akan menentukan masa depan kita yang abadi.

Carilah ulama yang selalu berpegang teguh kepada Al-Qur’an dan hadits. Karena apa? Karena itulah sumber hukum utama kita. Nanti di akhirat kita dihisab atas dasar aturan-aturan tsb. Jika tidak explisit dikatakan di Al-Qur’an dan hadits? Maka bolehlah kita mengikuti akal pikiran (ra’yu) manusia yang memenuhi syarat untuk berijtihad karena pengetahuan dan pengalamannya. Yang memenuhi syarat lho ya, dan syaratnya nggak sembarangan, harus menguasai Al-Qur’an dan hadits. Jadi, hati-hati banget ya kalo menyerap ilmu 🙂

Akan lebih baik jika kita juga turut belajar Al-Qur’an dan hadits untuk memfilter info yang berserakan. Saya juga masih tertatih-tatih dalam belajar, tapi dengan belajar kita terlatih untuk kritis. Ini dalilnya apa ya? Juga untuk lebih mencari tahu dari berbagai sumber, double check langsung ke sumbernya.

Dulu saya juga masih naif, seperti tong kosong yang terima-terima aja kalo ada ilmu. Hafal beberapa bagian Al-Qur’an ya cuma hafal arabnya aja. Mana hafal ayat ini ttg apa ayat itu ttg apa. Hadits boro-boro, disuruh nyebutin 10 hadits shahih aja mungkin saya nggak bisa. Nyebutin nama-nama ulama juga mungkin ga bisa. Sejak kenal suami, Alhamdulillah saya mulai belajar, jika kita niatkan, Allah mudahkan. Saya jadi lebih kritis dan memperhatikan banget tentang sumber ilmu ini, baru sadar kalau ini bukan perkara main-main. Bahkan tiap pengajian pun selalu saya share isinya dengan suami. Bersyukur banget 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s