Home

a. Lihat kembali NHW #1, apakah sampai hari ini Anda tetap memilih jurusan ilmu tersebut di Universitas Kehidupan?

YES! Tetap fokus memilih jurusan ilmu Al-Qur’an

b. Lihat kembali NHW #2, sudahkah kita belajar konsisten untuk mengisi checklist harian kita?

Oopssss…. sadly no. Terima kasih sudah mengingatkan, dengan adanya setiap NHW jadi termotivasi kembali untuk back on track

c. Lihat kembali NHW #3, apakah sudah terbayang apa kira-kira maksud Allah menciptakan kita di muka bumi ini? Kalau sudah, maka tetapkan bidang yang akan kita kuasai, sehingga peran hidup Anda akan makin terlihat.

Misi Hidup:  Memberikan pemahaman mengenai Islam kepada anak-anak melalui creative & play-based activities
Bidang: Pendidikan anak Islami
Peran: Penyelenggara kegiatan aktivitas anak Islami

Beberapa rujukan saya adalah http://www.bismillahbabies.com/ dan https://littleseekers.wordpress.com/

Well, sepertinya misi ini benar-benar tidak ada sangkut pautnya dengan background pendidikan saya ataupun pekerjaan saya saat ini, tapi sungguh saya terinspirasi dengan ibu-ibu muslimah di luar negeri, bagaimana cara mereka mengenalkan Islam kepada anak dengan cara yang menarik, yang tidak pernah saya dapatkan semasa kecil. Dan saya tidak bosan-bosannya membaca materi-materi yang berkaitan dengan hal tersebut.

d. Susunlah ilmu-ilmu apa saja yang diperlukan untuk menjalankan misi hidup tersebut

  1. Bunda Sayang: Ilmu pengasuhan anak dengan prioritas prophetic parenting dan enlightening parenting
  2. Bunda Cekatan: Manajemen waktu & ilmu kerajinan tangan
  3. Bunda Produktif: Ilmu perkembangan anak (diperlukan untuk menyusun kurikulum rumah aktivitas yang tepat) dan  event organizing / organization building
  4. Bunda Shaleha: Ilmu komunikasi publik (ini PR besar saya supaya tidak grogi untuk tampil di depan orang lain dan agar semakin supel dalam mencari partner)

e. Tetapkan milestone untuk memandu setiap perjalanan Anda menjalankan misi hidup

Saya menetapkan KM 0 pada usia 26 tahun, dengan milestone sbb:

  • KM 0 – KM 1 (6 bulan pertama): Memperkaya ilmu mengenai Islamic parenting, khususnya mengenai apa yang harus diajarkan dan kapan
  • KM 1- KM 2 (6 bulan kedua): Menyusun kurikulum/program pendidikan Islam melalui creative & play-based activities
  • KM 2 – KM 3 (tahun ke-2): Mengadakan event kecil-kecilan atau playdate untuk aktivitas
  • KM 3 – KM 4 (tahun ke-3): Memiliki rumah aktivitas anak Islami

f. Koreksi checklist di NHW #2, apakah sudah Anda masukkan waktu-waktu untuk mempelajari ilmu di atas?

Belum. Karena, jujur, baru kepikiran baru-baru ini 🙂
Tambahan target di kategori Self Empowerment: research kurikulum program pendidikan Islam 1 jam per minggu

g. Lakukan, lakukan, lakukan, lakukan

Bismillah. Bersyukur ada tugas-tugas NHW ini ternyata saya berhasil menemukan passion saya 🙂

Leave a Reply

