Home

Di manakah tempat belanja di Korea? Saya sangat merekomendasikan Dongdaemun & Daiso! Banyak yang bilang bahwa Myeongdong adalah surga belanja, tapi menurut saya tidak.

Dongdaemun

Sebagai seorang ibu dari anak balita, tentunya tujuan belanja utama adalah mainan! Di Dongdaemun ini ada sebuah alley yang isinya berderet penjual mainan dan alat tulis (Dongdaemun Toys & Stationery Street). Mirip Jalan Cibadak di Bandung. Tentunya yang diburu adalah mainan Tayo, murah banget dibandingkan kalo beli online dari Indonesia, harganya hanya setengahnya. Mainan Tayo besar itu harganya 6,000-7,000 won. Tiap toko beda-beda, jadi harus bandingin satu sama lain mana yang lebih murah. Pokoknya ibu kalap banget di sini. Daaaan yang paling murah adalah kaos kaki! Beli kaos kaki kualitas bagus 20 pasang, hanya 15,000 won lho. Jangan lupa beli souvenir di sini, beli yang banyaaaaakkkk. Karena paling murah di sini.

20170329_163855

Dongdaemun Toys and Stationery Street

IMG-20170402-WA0025

15,000 won for 20 cute high quality socks

Untuk ke sini, naik subway turun di stasiun Dongdaemun exit 4. Jalan lurus terus sampai menemukan alley kedua di sebelah kanan, di situlah tempatnya.

Selanjutnya, karena banyak titipan baju, kita juga belanja produk fashion. Padahal saya paling males belanja baju hihi. Kami memilih tempat di sekitar Dongdaemun Design Plaza (DDP), bisa dijangkau dengan subway turun di stasiun Dongdaemun History & Culture Park exit 1. Begitu keluar subway anda bisa menemukan Seoul City Wall. Di sekitar DDP ini banyak pusat perbelanjaan. DDP ini arsitekturnya unik sekali, tapi kita bertiga tidak ada yang tertarik dengan arsitektur jadi cukup dipandang saja dari jauh.

Menurut beberapa situs traveling, untuk mencari produk fashion bisa ke Maxtyle, tapi ternyata mengecewakan. Dari subway exit, jalan ke arah yang berlawananan, nanti nama gedungnya eliatan kok. Maxtyle masih baru, beberapa lantai malah belum diisi. Tokonya juga sedikit dan sepi pengunjung. Akhirnya kami keluar dan mencoba ke Dongdaemun Underground Shopping Center, masuk dari sebelah Maxstyle. Tapi sama ajaaaa, sepi banget. Akhirnya kita menyebrang ke Doota Mall. Di sini barangnya mahal-mahal jadi keluar lagi dengan tangan hampa. Kemudian kita mencoba masuk ke Migliore, sejenis ITC di Jakarta. Naaaahhh di sini rame banget, serame ITC. Pilihannya banyak, harganya terjangkau, dan bisa ditawar. Tawarlah 50% dari harga yang ditawarkan ya!

Sebenarnya kawasan Dongdaemun ini bisa ditempuh dengan berjalan dari Cheonggyecheon Stream. Tapi karena itinerary kami kacau (maklum bawa bocah) jadi kami mengunjunginya di waktu yang berbeda-beda.

Myeongdong

Petualangan kami di Myeongdong bermula di Myeongdong Underground Shopping Center. Dari Itaewon (halte Itaewon Fire Station), bisa ditempuh dengan bis biru no.401 atau 406 turun di halte Lotte Young Plaza. Nanti Shopping Center-nya tidak jauh dari situ, lurus saja sedikit.

Tujuan utama ke sini sebenarnya adalah mencari light stick BTS titipan sepupu. Tapi ternyata tidak membuahkan hasil. Daaaan shopping center ini overrrated, di dalamnya sepiiiii dan harganya pun mahal-mahal. Lebih murah Dongdaemun. Dongdaemun is the best! Dari sini kita menyebrang (bisa via tunnel) ke tempat yang banyak yang jualan makanan itu lho. Tempatnya rame bangeeeeeet. Kami cuma membeli gyeran bbang karena kebetulan yang jualnya Muslim. Di sini banyak toko kosmetik dan toko baju juga. Ada satu toko yang jual baju lucu-lucu dan murah namanya Monologue.

20170330_184338

Bocah sih enak digendong :p

DSC02289

Thank you for singing Izi’s song 🙂

Di Myeongdong ini juga suka ada pengamen jalanan, tapi yang khas Korea. Dia di tengah jalan, setel lagu dari HP, dikerasin pake speaker, terus nyanyi deh. Suaranya bagus lhooooo. Dia nyanyi lagunya Izi yang Emergency Room (favorit sepanjang masaaaa) dan That Man (Hyun Bin).

Daiso

Penemuan terbesar di Korea adalah Daiso! Di Korea, Daiso harganya bervariasi, tidak satu harga seperti di Indonesia. Mulai dari 1,000 won sampai 5,000 won, dengan kelipatan 500 won. Isinya mirip Daiso Indonesia, tapi banyak yang lebih murah dari Indonesia. Kalap banget pokoknya. Saya sarankan sih membeli oleh-oleh di sini saja 🙂 Banyak pilihaaaaan.

Oh ya, sejak menemukan Daiso (baik di Indonesia maupun Korea) prinsip belanja saya: “Kalau lebih murah dari Daiso, beli. Kalau lebih mahal, beli di Daiso aja.”

Kami sempat berkunjung ke 2 Daiso. Yang pertama yaitu Daiso di stasiun Anguk. Tidak sengaja lihat waktu kami dalam perjalanan ke Bukcheon Hanok Village. Kedua, di Lotte Fitin Dongdaemun, letaknya tidak jauh dari Migliore.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s